STRATEGI PACER
STRATEGI PACER
·
Pengertian Strategi Pacer
Menurut Wainwright (2006:79)
“Strategi PACER adalah suatu teknik membaca yang digunakan
oleh sebagian besar pembaca cepat dan efisien, namun
fleksibilitas adalah kuncinya”. Selanjutnya menurut Agus (2008:33) “Strategi
PACER merupakan metode membaca untuk memperoleh kecepatan
baca yang ideal untuk memahami bacaan sehingga
pembaca dapat membaca seefektif dan seefisien mungkin”. Sedangkan menurut Esther (2006:4) “Strategi PACER
merupakan strategi membaca cepat dalam meningkatkan skor
dalam memahami bacaan”.
Berdasarkan pendapat di atas dapat disimpulkan bahwa
strategi PACER merupakan strategi membaca yang mengutamakan kecepatan
membaca untuk memperoleh pemahaman dari bahan bacaan seefektif dan seefisien
mungkin.
·
Tujuan Strategi Pacer
Menurut Wainwright (2006:79)
“tujuan strategi PACER dalam membaca cepat adalah untuk materi bacaan sulit, namun
hanya perlu memahami garis besarnya saja, atau untuk materi bacaan biasa-biasa saja
dan ingin mendapatkan pemahaman umum, atau materi bacaan mudah dan ingin memahami secara mendetail”.
Menurut Agus (2008:33) “tujuan
umum strategi PACER merupakan tujuan pokok
dalam membaca bacaan. Tujuan khusus bergantung pada keperluan yang diinginkan
pembaca. Bisa saja, pembaca mempunyai tujuan khusus mencari setting, tokoh,
perwatakan, alur, tema, amanat pada sebuah bacaan sastra”. Sedangkan menurut Esther (2006:4) “tujuan strategi PACER adalah untuk mencari
informasi dengan tingkat pemahaman yang tinggi dari bacaan dalam waktu yang cepat”.
Berdasarkan pendapat di atas
dapat penulis simpulkan bahwa tujuan strategi PACER adalah
untuk memahami isi bahan bacaan dengan cepat disesuaikan dengan sulit dan mudahnya materi
bahan bacaan dan tujuan membaca dari si pembaca itu sendiri.
·
Langkah-langkah Strategi Pacer
Langkah-langkah strategi PACER
menurut Wainwright (2008:80) adalah sebagai berikut: (1) Preview (meninjau) adalah membaca sepintas lalu untuk mengenali
struktur bacaan, pokok-pokok pikiran, dan relevansi, (2) Assess (menaksir) adalah tujuan
membaca dan materi bacaan, (3) Choose (memilih) adalah memilih teknik yang tepat untuk melaksanakan
membaca cepat, (4) Expedite (mempercepat) adalah peringatan
untuk meningkatkan kembali kecepatan membaca setelah tertahan bagian yang
sulit, (5) Review (meninjau ulang) adalah membaca
sepintas lalu untuk memastikan tidak ada yang terlewatkan untuk memperkuat pokok-pokok pikiran yang
harus diingat, dan harus dilakukan secara hat-hati. Karena ini
dimanfaatkan untuk pengecekan akhir.
Adapun menurut Agus (2008:35)
langkah-langkah strategi PACER adalah
sebagai berikut: (1) Preview merupakan kegiatan membaca bacaan secara sepintas lalu untuk
mengenali hal-hal yang bersifat luaran. atau disinonimkan dengan kegiatan survai, (2) Assess merupakan kegiatan membaca
untuk menentukan tujuanmembaca dan materi bacaan, (3) Choose adalah kegiatan membaca yang
berkaitan dengan memilih dan melakukan membaca dengan teknik yang tepat. Teknik
yang dipilih disesuaikan dengan tujuan dan jenis bacaan, (4) Expedite merupakan kegiatan pembaca
untuk mempercepat kecepatan baca. Pengertian mempercepat bisa saja diartikan sebagai
kegiatan mempercepat proses membaca, baik pada bagian yang mudah, sedang,
maupun yang sulit, (5) Review merupakan kegiatan pembaca untuk membaca kembali secara sepintas. Hal
yang harus diperhatikan adalah cara membacanya harus secara sepintas lalu.
Pembaca yang belum dapat memahami bacaan dengan baik disarankan
mengulang kegiatan membaca pada waktu yang berbeda sehingga rangkaian tahap dalam
metode PACER bisa berjalan secara urut.
Selanjutnya menurut Esther (2006:5) langkah-langkah
strategi PACER adalah : (1) Preview ,dimaksudkan agar pembaca membaca selintas untuk memperoleh
gambaran tentang apa yang akan dipelajari, (2) Assess, dimaksudkan untuk
menentukan tujuan membaca, (3) Choose dimaksudkan untuk memilih teknik
yang tepat dan sesuai dengan bacaan, (4) Expedite dimaksudkan untuk mempercepat kegiatan
membaca, (5) Review dimaksudkan agar pembaca membaca kembali secara
sepintas bacaan untuk memastikan tidak ada yang terlewatkan dari
bacaan.
Berdasarkan pendapat di atas
penulis menggunakan langkah-langkah strategi PACER menurut Wainwright
(2008:80) untuk lebih jelasnya di bawah ini akan diuraikan sebagai
berikut:
1) Preview (meninjau)
Preview adalah kegiatan yang dilakukan untuk mengenal teks bacaan dengan cara mengenali struktur
dari teks bacaan. Kegiatan preview ini dilakukan pada tahap
prabaca yaitu beberapa menit sebelum siswa membaca sekilas bacaan agar siswa
dapat memperoleh kesan umum tentang teks bacaan.
2) Assess (menaksir)
Assess adalah kegiatan yang dilakukan untuk menaksir isi dari teks
bacaan dilakukan dengan cara tanya jawab antara guru dan siswa. Assess dapat
dilakukan berdasarkan pengetahuan awal yang dimiliki siswa dalam upaya
memusatkan. Tujuan dari kegiatan asses adalah
untuk membuka skema siswa tentang bacaan berdasarkan pengatahuan awal yang dimiliki siswa dalam
upaya memusatkan pikiran siswa dan membangkitkan keingintauan siswa, sehingga
lebih meningkatkan pemahaman dan selanjutnya membimbing siswa pada
saat membaca sehingga siswa lebih terkonsentrasi dan terarah dalam membaca
sekilas teks bacaan.
3)
Choose (memilih)
Choose merupakan kegiatan ketiga
yang dilakukan siswa dengan cara membaca sekilas teks bacaan. Pada kegiatan ini
siswa memilih untuk membaca sekilas bagian-bagian yang dianggap penting dan mudah dengan teknik
dan prosedur membaca sekilas yang benar dan tepat.
4) Expedite (mempercepat)
Expedite adalah kegiatan yang dilakukan
siswa pada saat membaca sekilas teks bacaan dengan cara memperlambat kecepatan
membacanya pada bagian-bagian yang dianggap penting dan mempercepat kecepatan
membacanya pada bagian yang dianggap kurang atau tidak penting. Dalam kegiatan expedite
ini, ketika siswa membaca sekilas
teks bacaan siswa diarahkan untuk menemukan pikiran pokok dari tiap paragraf
yang ada di dalam teks bacaan.
5) Review (meninjau kembali)
Review merupakan kegiatan untuk
melihat kembali keseluruhanisi teks bacaan. Tujuan dari review adalah untuk membantu dayaingat
dan memperjelas pemahaman siswa tentang teks bacaan. Pada tahapan review ini, siswa ditugaskan untuk membuat kesimpulan dan menjawab
pertanyaan tentang teks bacaan secara keseluruhan.
·
Pembelajaran Membaca dengan
Menggunakan Strategi Pacer
A.
Tahap Prabaca
Tahap prabaca
adalah proses pembelajaran yang dilaksanakan sebelum siswa melakukan
kegiatan membaca. Pada pembelajaran membaca sekilas dengan
menggunakan strategi PACER, kegiatan yang dilakukan pada
tahap prabaca adalah preview dan assess. Adapun kegiatan preview (mengamati)
dalam membaca sekilas, yaitu siswa diminta untuk mengamati secara umum teks
bacaan berdasarkan judul dan gambar yang dipajang di depan kelas. Apabila
kegiatan preview sudah dilakukan siswa,
selanjutnya diteruskan ke kegiatan assess yaitu dapat dilakukan dengan menaksir/ memprediksi isi dari teks
bacaan berdasarkan pengetahuan awal yang dimiliki siswa dalam upaya
memusatkan pikirannya.
B.
Tahap Saat Baca
Pada tahap saat baca, kegiatan
yang dilakukan siswa adalah choose dan expedite. Adapun kegiatan
choose dilakukan siswa siswa memilih untuk membaca sekilas bagian-bagian yang
dianggap penting dan mudah dengan teknik dan prosedur membaca sekilas yang
benar dan tepat.
Selanjutnya apabila kegiatan
choose telah selesai dikerjakansiswa, selanjutnya dilakukan kegiatan Expedite. Dalam
kegiatan expedite, siswa dibimbing untuk meningkatkan kecepatan
membacanya pada teks bacaan. Pada saat membaca sekilas teks bacaan, siswa
dibimbing untuk memperlambat kecepatan membacanya pada bagian-bagian
yang dianggap penting dan melewatkan bagian- bagian
dari teks bacaan yang dianggap merupakan bagian yang kurang atau
tidak penting. Tujuan dari kegiatan expedite ini agar siswa mampu
menemukan pikiran pokok dari tiap paragraf dengan benar. Dilanjutkan dengan
menjawab pertanyaan mengenai teks bacaan (review).
C. Tahap Pasca Baca
Tahap pasca baca dilakukan
untuk memastikan tidak ada bagian bahan bacaan yang terlewatkan agar
siswa lebih yakin maka dilakukan langkah strategi PACER yang terakhir yaitu review (meninjau ulang). Pada
tahapan review, siswa ditugaskan
untuk membuat kesimpulan teks bacaan. Guru menguji sampai dimana kemampuan
siswa dalam memahami isi teks bacaan sehingga dapat membuat kesimpulan
yang benar sesuai dengan isi bacaan.

Agus wuryanto. 2008. Mata Pelajaran Bahasa Indonesia SMP . http://aguswuryanto.files.wordpress.com/2010/08/modul-plpg-mapel- bahasa-indonesia-smp-rayon-12-unnes-semarang
2008. pdf (online).
Esther, Lombardi 2009. Positive Effeccts Of
Using A Pacer When Speed Reading
http://translate.google.co.id/translate?hl=id&sl=en&u=http://r2c2.org/fluency/literacy/positive-effects-of-using-a-pacer-when-speed-reading.html (online).
Wainwright,Gordon 2006. Speed Reading better
Reccalling. Terjemahan Heru Sutrisno. Jakarta: PT Gramedia
Pustaka Utama.
Komentar
Posting Komentar