STRATEGI PACER

STRATEGI PACER

·        Pengertian Strategi Pacer
Menurut Wainwright (2006:79) “Strategi PACER adalah suatu teknik membaca yang digunakan oleh sebagian besar pembaca cepat dan efisien, namun fleksibilitas adalah kuncinya”. Selanjutnya menurut Agus (2008:33) “Strategi  PACER  merupakan metode membaca untuk memperoleh kecepatan baca yang ideal untuk memahami bacaan sehingga pembaca dapat membaca seefektif dan seefisien mungkin”. Sedangkan menurut Esther (2006:4) “Strategi  PACER  merupakan strategi membaca cepat dalam meningkatkan skor dalam memahami bacaan”.
Berdasarkan pendapat di atas dapat disimpulkan bahwa strategi PACER merupakan strategi membaca yang mengutamakan kecepatan membaca untuk memperoleh pemahaman dari bahan bacaan seefektif dan seefisien mungkin.

·        Tujuan Strategi Pacer
Menurut Wainwright (2006:79) “tujuan strategi  PACER  dalam membaca cepat adalah untuk materi bacaan sulit, namun hanya perlu memahami garis besarnya saja, atau untuk materi bacaan biasa-biasa saja dan ingin mendapatkan pemahaman umum, atau materi bacaan mudah dan ingin memahami secara mendetail”.
Menurut  Agus (2008:33) “tujuan umum strategi  PACER  merupakan tujuan pokok dalam membaca bacaan. Tujuan khusus bergantung pada keperluan yang diinginkan pembaca. Bisa saja, pembaca mempunyai tujuan khusus mencari setting, tokoh, perwatakan, alur, tema, amanat pada sebuah bacaan sastra”.  Sedangkan menurut Esther (2006:4) “tujuan strategi  PACER adalah untuk mencari informasi dengan tingkat pemahaman yang tinggi dari  bacaan dalam waktu yang cepat”.  
Berdasarkan pendapat di atas dapat penulis simpulkan bahwa tujuan strategi PACER adalah untuk memahami isi bahan bacaan dengan cepat disesuaikan dengan sulit dan mudahnya materi bahan bacaan dan tujuan membaca dari si pembaca itu sendiri.

·        Langkah-langkah Strategi Pacer
Langkah-langkah strategi PACER menurut Wainwright (2008:80) adalah sebagai berikut: (1) Preview (meninjau) adalah membaca sepintas lalu untuk mengenali struktur bacaan, pokok-pokok pikiran, dan relevansi, (2) Assess (menaksir) adalah tujuan membaca dan materi bacaan, (3) Choose (memilih) adalah memilih teknik yang tepat untuk melaksanakan membaca cepat, (4) Expedite (mempercepat) adalah peringatan untuk meningkatkan kembali kecepatan membaca setelah tertahan bagian yang sulit, (5) Review (meninjau ulang) adalah membaca sepintas lalu untuk memastikan tidak ada yang terlewatkan untuk memperkuat pokok-pokok pikiran yang harus diingat, dan harus dilakukan secara hat-hati. Karena ini dimanfaatkan untuk pengecekan akhir.
Adapun menurut Agus (2008:35) langkah-langkah strategi PACER adalah sebagai berikut: (1) Preview merupakan kegiatan membaca bacaan secara sepintas lalu untuk mengenali hal-hal yang bersifat luaran. atau disinonimkan dengan kegiatan survai, (2) Assess merupakan kegiatan membaca untuk menentukan tujuanmembaca dan materi bacaan, (3) Choose adalah kegiatan membaca yang berkaitan dengan memilih dan melakukan membaca dengan teknik yang tepat. Teknik yang dipilih disesuaikan dengan tujuan dan jenis bacaan, (4) Expedite merupakan kegiatan pembaca untuk mempercepat kecepatan baca. Pengertian mempercepat bisa saja diartikan sebagai kegiatan mempercepat proses membaca, baik pada bagian yang mudah, sedang, maupun yang sulit, (5) Review merupakan kegiatan pembaca untuk membaca kembali secara sepintas. Hal yang harus diperhatikan adalah cara membacanya harus secara sepintas lalu. Pembaca yang belum dapat memahami bacaan dengan baik disarankan mengulang kegiatan membaca pada waktu yang berbeda sehingga rangkaian tahap dalam metode PACER bisa berjalan secara urut.
Selanjutnya menurut Esther (2006:5) langkah-langkah strategi PACER adalah : (1) Preview ,dimaksudkan agar pembaca membaca selintas untuk memperoleh gambaran tentang apa yang akan dipelajari, (2) Assess, dimaksudkan untuk menentukan tujuan membaca, (3) Choose dimaksudkan untuk memilih teknik yang tepat dan sesuai dengan bacaan, (4) Expedite dimaksudkan untuk mempercepat kegiatan membaca, (5) Review dimaksudkan agar pembaca membaca kembali secara sepintas bacaan untuk memastikan tidak ada yang terlewatkan dari bacaan.
Berdasarkan pendapat di atas penulis menggunakan langkah-langkah strategi PACER  menurut Wainwright (2008:80) untuk lebih jelasnya di bawah ini akan diuraikan sebagai berikut:
1)     Preview (meninjau) 
Preview adalah kegiatan yang dilakukan untuk mengenal teks bacaan dengan cara mengenali struktur dari teks bacaan. Kegiatan preview ini dilakukan pada tahap prabaca yaitu beberapa menit sebelum siswa membaca sekilas bacaan agar siswa dapat memperoleh kesan umum tentang teks bacaan.
2)     Assess (menaksir) 
Assess adalah kegiatan yang dilakukan untuk menaksir isi dari teks bacaan dilakukan dengan cara tanya jawab antara guru dan siswa. Assess dapat dilakukan berdasarkan pengetahuan awal yang dimiliki siswa dalam upaya memusatkan. Tujuan dari kegiatan  asses adalah untuk membuka skema siswa tentang bacaan berdasarkan pengatahuan awal yang dimiliki siswa dalam upaya memusatkan pikiran siswa dan membangkitkan keingintauan siswa, sehingga lebih meningkatkan pemahaman dan selanjutnya membimbing siswa pada saat membaca sehingga siswa lebih terkonsentrasi dan terarah dalam membaca sekilas teks bacaan.
3)     Choose (memilih)
Choose  merupakan kegiatan ketiga yang dilakukan siswa dengan cara membaca sekilas teks bacaan. Pada kegiatan ini siswa memilih untuk membaca sekilas bagian-bagian yang dianggap penting dan mudah dengan teknik dan prosedur membaca sekilas yang benar dan tepat.
4)     Expedite (mempercepat) 
Expedite adalah kegiatan yang dilakukan siswa pada saat membaca sekilas teks bacaan dengan cara memperlambat kecepatan membacanya pada bagian-bagian yang dianggap penting dan mempercepat kecepatan membacanya pada bagian yang dianggap kurang atau tidak penting. Dalam kegiatan expedite ini, ketika siswa membaca sekilas teks bacaan siswa diarahkan untuk menemukan pikiran pokok dari tiap paragraf yang ada di dalam teks bacaan.
5)     Review (meninjau kembali) 
Review merupakan kegiatan untuk melihat kembali keseluruhanisi teks bacaan. Tujuan dari review adalah untuk membantu dayaingat dan memperjelas pemahaman siswa tentang teks bacaan. Pada tahapan review ini, siswa ditugaskan untuk membuat kesimpulan dan menjawab pertanyaan tentang teks bacaan secara keseluruhan.



·        Pembelajaran Membaca dengan Menggunakan Strategi Pacer
A.   Tahap Prabaca
Tahap prabaca adalah proses pembelajaran yang dilaksanakan sebelum siswa melakukan kegiatan membaca. Pada pembelajaran membaca sekilas dengan menggunakan strategi  PACER, kegiatan yang dilakukan pada tahap prabaca adalah preview dan assess. Adapun kegiatan preview (mengamati) dalam membaca sekilas, yaitu siswa diminta untuk mengamati secara umum teks bacaan berdasarkan judul dan gambar yang dipajang di depan kelas. Apabila kegiatan preview sudah dilakukan siswa, selanjutnya diteruskan ke kegiatan assess yaitu dapat dilakukan dengan menaksir/ memprediksi isi dari teks bacaan berdasarkan pengetahuan awal yang dimiliki siswa dalam upaya memusatkan pikirannya.

B. Tahap Saat Baca
Pada tahap saat baca, kegiatan yang dilakukan siswa adalah choose dan expedite. Adapun kegiatan choose dilakukan siswa siswa memilih untuk membaca sekilas bagian-bagian yang dianggap penting dan mudah dengan teknik dan prosedur membaca sekilas yang benar dan tepat.
Selanjutnya apabila kegiatan choose telah selesai dikerjakansiswa, selanjutnya dilakukan kegiatan Expedite. Dalam kegiatan expedite, siswa dibimbing untuk meningkatkan kecepatan membacanya pada teks bacaan. Pada saat membaca sekilas teks bacaan, siswa dibimbing untuk memperlambat kecepatan membacanya pada bagian-bagian yang dianggap penting dan melewatkan bagian- bagian dari teks bacaan yang dianggap merupakan bagian yang kurang atau tidak penting. Tujuan dari kegiatan expedite ini agar siswa mampu menemukan pikiran pokok dari tiap paragraf dengan benar. Dilanjutkan dengan menjawab pertanyaan mengenai teks bacaan (review).

C.   Tahap Pasca Baca
Tahap pasca baca dilakukan untuk memastikan tidak ada bagian bahan bacaan yang terlewatkan agar siswa lebih yakin maka dilakukan langkah strategi  PACER  yang terakhir  yaitu review (meninjau ulang). Pada tahapan  review, siswa ditugaskan untuk membuat kesimpulan teks bacaan. Guru menguji sampai dimana kemampuan siswa dalam memahami isi teks bacaan sehingga dapat membuat kesimpulan yang benar sesuai dengan isi bacaan.
















*    Daftar Rujukan

Esther, Lombardi 2009. Positive Effeccts Of Using A Pacer When Speed Reading

Wainwright,Gordon 2006. Speed Reading better Reccalling. Terjemahan Heru Sutrisno. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.


Komentar

Postingan populer dari blog ini